RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Semester : VII/II
Alokasi
Waktu : 1x30
menit ( 1x Pertemuan )
1.
Standar
Kompetensi : Membiasakan
Menghindari Hal yang Merusak Iman
2.
Kompetensi
Dasar :
2.1 Menjelaskan
pengertian dan pentingnya menghindari Nifaq, Riddah, Fasiq.
2.2 Mengidentifikasi
bentuk dan contoh perilaku Nifaq, Riddah, Fasiq.
2.3 Menunjukkan
nilai negatif dari perilaku Nifaq, Riddah, Fasiq.
2.4 Membiasakan
menjauhi perilaku hal-hal yang merusak iman dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Indikator
3.1 Menjelaskan
Penngertian Nifaq, Riddah, Fasiq.
3.2 Menyebutkan
bentuk dan contoh perilaku Nifaq, Riddah, Fasiq.
3.3 Menunjukkan
nilai negatif dari perilaku Nifaq, Riddah, Fasiq dalam Fenomena Kehidupan.
4.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
4.1 Menjelaskan
pengertian dan pentingnya menghindari Nifaq, Riddah, Fasiq.
4.2 Menunjukkan
contoh perilaku Nifaq, Riddah, Fasiq.
4.3 Memahami
nilai-nilai negatif dari Nifaq, Riddah, Fasiq.
4.4 Mampu
menjelaskan dan menghindari perilaku Nifaq, Riddah, Fasiq dalam kehidupan
sehari-hari.
5.
Materi
Pembelajaran
5.1 Aqidah
(Hal-hal yang merusak Iman Nifaq, Riddah, Fasiq).
5.2 Bentuk
dan contoh perilaku Nifaq, Riddah, Fasiq.
5.3 Nilai-nilai
negatif dari Nifaq, Riddah, Fasiq.
6.
Metode
Pembelajaran
6.1 Ceramah:
Guru menyampaikan
materi secara garis besar.
6.2 Tanya
Jawab:
Siswa mengadakan tanya
jawab tentang Nifaq, Riddah, Fasiq.
6.3 Cooperatif
Intregated Reading and Composition (CIRC) kooperatif terpadu membaca dan
menulis.
Guru memberikan wacana/
kliping sesuai dengan topik pembelajaran dan kemudian siswa mempresentasikan hasil
tugasnya.
7.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran.
7.1 Kegiatan
Pendahuluan:
a. Guru
memberikan salam, membaca do’a sebelum memulai pembelajaran bersama-sama.
b. Membacakan
materi dan kompetensi yang akan dicapai secara singkat.
7.2 Kegiatan
Inti:
a. Guru
menyampaikan materi tentang hal yang merusak iman, Nifaq, Riddah, dan Fasiq.
b. Siswa
mengadakan tanya jawab tentang hal yang merusak iman, Nifaq, Riddah, dan Fasiq.
c. Menggunakan
metode pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC).
1. Membentuk
kelompok yang anggotanya 4-5 orang secara heterogen.
2. Guru
memberikan wacana/ kliping tentang nifaq, riddah, dan faiq.
3. Siswa
saling bekerjasama membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan
terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas.
4. Mempresentasikan/
membacakan hasil kelompok
5. Guru
membuat kesimpulan bersama.
6.
7.3 Kegiatan
Penutup:
a. Guru
memberikan kesimpulan tentang nifaq, riddah, dan fasiq.
b. Membaca
do’a bersama-sama sebelum mengakhiri pembelajaran.
8.
Alat/Sumber Belajar
1. Departemen
Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya,
Semarang, PT. Tanjung Mas Inti.
2. Tim,
2009, Pendidikan Al Islam Kelas VII
SMP/MTS Muhammadiyah, Malang, UMM Press
9.
Penilaian
1. Teknik Penilaian : Tes
Tulis.
2.
Bentuk
Instrumen : Uraian dan Diskusi
Kelompok.
3. Soal/Instrumen :
Terlampir.
a.
Soal/instrumen
a. Jawablah
pertanyaan ini dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan
pengertian nifaq dan tunjukkan dalilnya!
2. Jelaskan
pengertian riddah dan keburukannya!
3. Jelaskan
pengertian fasiq dan pentingnya menghindari fasiq dalam kehidupan sehari-hari.
b. Aspek
Penguasaan Konsep (Kognitif).
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Bagaimanakah contoh perilaku orang yang munafik?
2. Berilah
contoh satu perbuatan yang menunjukkan perilaku riddah!
3. Mengapa sikap fasiq, harus dihindarkan dari semua keluaraga
muslim?
Jember....,................2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru PAI
(.....................)
(...................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar